KMD : MEMBENTUK SANTRI YANG MILITANSI

Peserta KMD Harau 2024 Santri Kelas 5 KMI Pondok Modern Al-Jauhar
Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD) di Pondok Modern Al-Jauhar IKHD merupakan sarana penanaman jiwa leadership santri, khususnya santri kelas 5 KMI yang notabene sebagai pembina pramuka di Pondok Modern Al-Jauhar IKHD. dilaksanakannya acara KMD ini juga untuk mematangkan santri kelas 5 dalam mengajar peserta didik saat kegiatan kepramukaan. Tentunya, kursus ini menjadi bekal utama bagi pembina pramuka dalam mengimplementasikan ilmunya kepada peserta didik.

Acara yang berlokasi di Lembah Harau Kabupaten Limapuluh Koto Sumatera Barat ini dilaksanakan selama 6 hari. Dimulai dari hari Ahad (22/9) s.d Jum'at (27/9) dengan menggunakan beberapa metode penyampaian diantaranya metode Ceramah, Diskusi, Curah Gagasan, Problem Solving, Penugasan dan kerja kelompok, Studi Kasus, Berganti pangkalan, Peragaan, Widya Wisata, Pengabdian Masyarakat, dll. Semua materi tersebut dikemas secara efektif dan efisien, sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pembina yang bermutu.

KMD tahun ini diikuti oleh 128 santri kelas 5 KMI yang terdiri dari 64 putra dan 64 putri dan dibagi ke dalam 12 kelompok, setiap kelompok dipimpin oleh seorang pimpinan kursus (dari pelatih) dan dibantu oleh beberapa orang staf Koordinator Gerakan Pramuka. 

Di akhir kegiatan ini, para peserta KMD juga akan mendapatkan penilaian dari dewan pelatih dan pembimbing sebagai ukuran kualitas mereka dalam skill kepramukaan. Berikut kriteria penilaian peserta: Ibadah, Moral dan sikap pribadi, Kepemimpinan dan keteladanan, Hubungan (Relationship), Penguasaan dan cara melaksanakan materi, Usaha meningkatkan kemahiran, Disiplin, dan Hasil dari Free Test, Midle Test dan Post Test.

Posting Komentar untuk "KMD : MEMBENTUK SANTRI YANG MILITANSI"

jauhartv

Loading...